Kamis, 30 Juni 2011

Shalat Iftitah Sebelum Tarawih

Pertanyaan: Assalamu`alaikum. Adakah shalat iftitah sebelum shalat tarawih? Kalo ada bagaimana caranya? Sementara sebagaian warga Muhammadiyah melakukannya tapi cuma baca al-Fatihah saja. Apa itu betul?
Jawab: "kalau yang dimaksud shalat sunnah dua rakaat tersebut adalah shalat sunnah ba’diyah Isya’ maka itu benar, dan termasuk shalat sunnah muakkadah. Lebih utama bagi setiap muslim untuk menjaga dan melaksanakannya sebelum memulai shalat tarawih.
 bersabda: bahwa Nabi, Dari Ummu Habibah
"Barangsiapa shalat dalam sehari semalam 12 rakaat maka akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di sorga; empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat sesudahnya, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya’, dan dua rakaat sebelum sunnah 
fajar." (HR. Turmudzi (2/192))
Boleh melakukannya dengan mencukupkan membaca al-Fatihah saja dalam kedua rakaat, akan tetapi tidak boleh menjadi sebuah kebiasaan karena tidak ada dalil dalam masalah tersebut. Adapun jika dua rakaat tersebut bukanlah dua rakaat shalat sunnah isya’ maka tidak diragukan lagi itu adalah bid’ah yang tidak bersandar di atas dalil dari Kitab maupun Sunnah Nabi yang shahih dan tidak mengikut pemahaman salafusshalih. Wallahu a’lam. (AR) "
(Sumber: Qiblati).

0 komentar:

Posting Komentar