TAQOBALALLAHU MINNA WA MINKUM.

Pertanyaan:
Mau Tanya, mengucapkan Selamat Hari Raya hukumnya bid’ah apa tidak ya?, Tasyabuh apa tidak ya? amin saifudin al-atsary
Jawaban:
Kepada akhi Amin Saifudin -semoga Allah slalu merahmatimu-:
At Tahni’ah atau ucapan selamat hari raya bukanlah bid’ah dan tidaklah tasyabuh. Bahkan hal ini dicontohkan oleh para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Mereka saling mengucapkan selamat hari raya dgn ucapan di antaranya: TAQOBALALLAHU MINNA WA MINKUM.
Untuk menguatkan hal ini, kami bawakan ucapan syaikhul islam ibnu taimiyah dlm MAJMU’ FATAWA nya 24/253 ketika beliau ditanya mengenai ucapan selamat hari raya ketika ied. Berikut perkataan beliau:
“Adapun ucapan slamat hari raya ketika bertemu satu dan lainnya seperti ucapan TAQOBALALLAHU MINNA WA MINKUM. WA AHALALLAHU ‘ALAIKA, dan semacam itu, maka hal ini telah diriwayatkan dari beberapa sahabat di mana mereka melakukan semacam ini. Para imam juga memberi keringanan dlm masalah ini termasuk imam ahmad dan selainnya.”
Karena tidak ada dalil yg menjelaskan apa yg hendak diucapkan ktk mau mengucapkan selamat hari raya, maka ketentuannya dikembalikan pd urf (kebiasn org sholeh setempat), selama tdk bertentangan dgn syariat (Lihat penjelasan ini di taisir ushul fiqh, yusuf al judai). Maka kita bs ucapkn: selamat hari raya, sugeng riyadi, taqobalallahu minna wa minkum, dsb.
Semoga kita selalu mendapat ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyib dan amalan yg diterima.
(Sumber: muslim orid)
Previous
Next Post »